Selasa, 30 November 2010

Manusia dan Penderitaan

Manusia dan Penderitaan

Manusia memiliki dua sisi yaitu sisi bahagia dan sisi penderitaan. Ada kalanya manusia merasakan sebuah kebhagiaan/kesenangan dan ada kalanya manusia merasakan penderitaan. Di balik penderitaan yang di rasakan oleh manusia tersimpan kenikmataan yang tiada tara.
Karena dalam ajaran agama Islam, diajarkan bahwa penderitaan adlah cobaan yang menjadikan tolak ukur seberapa dekatnya kita dengan Sang Pencipta. Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya melebihi kemampuan umatnya itu sendiri. Maka kita seharusnya mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Karna jika Tuhan hanya memberikan kebahagiaan kepada manusia maka hanya akan menjadikan manusia itu sendiri menjadi tidak pernah bersyukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan nikmat dan kebahagiaan
Penderitaan itu sendiri berasal dari kata derita, kata derita berasal dari bahasa sansekerta yang artinya menanggung/menahan. Derita artinya menanggung/merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat berbentuk lahir ataupun batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Akibat penderitaan bermacam-macam. Ada yang mendapatkan hikmah besar dari suatu penderitaan, ada juga yang menyebabkan kegelapan dan kesengsaraan dalam hidupnya.

Sumber : http://exalute.wordpress.com/2009/03/29/manusia-dan-penderitaan/
http://arisudaryatno.blogspot.com/2010/04/manusia-dan-penderitaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar